Tugas-Guru-Bimbingan-Konseling-di-Sekolah

7 Peran atau Tugas Guru Bimbingan Konseling di Sekolah 

Read Time:2 Minute, 49 Second

smpn2anjatan.sch.id – Tugas guru bimbingan konseling di sekolah dapat membantu siswa untuk menavigasi kerasnya lingkungan sekolah hingga masalah pribadi, simak berikut ini!

Secara umum, kita semua telah paham bagaimana ahli konseling sekolah dapat membantu siswa untuk menangani masalah individu sampai keluarga. Selain itu, peran konselor terhadap siswa juga dapat membantu menjadi pengarah atas tujuan hidup dan jalan masa depan yang akan ditempuh siswa. Inilah semua tugas guru bimbingan konseling di sekolah, yang perlu kamu ketahui, lebih lanjut. 

Peran Guru Konseling 

Menjadi seseorang yang disegani oleh murid, merupakan tanggung jawab guru konseling untuk berperan menjadi mentoring. Dalam pekerjaan ini, maka seseorang harus fokus terhadap siswa mereka untuk mencapai tujuan akademik tertentu sekaligus mengatasi masalah sosial yang mempengaruhi perilaku. Simak, apa-apa saja  tugas guru bimbingan konseling di sekolah,

1. Membantu Menumbuhkan Karakter Siswa 

Seorang guru konseling hendaknya memiliki hasrat untuk membantu generasi siswa agar bertumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan cakap. Guru-guru ini akan memiliki semangat dalam diri untuk merekomendasikan dan membantu siswa untuk mengambil beragam langkah dengan cara yang berbeda. 

2. Mengatasi Masalah Khusus 

Guru konseling  dapat menjadi seseorang yang mampu mengatasi masalah yang mungkin dihadapi anak-anak di sekolah. Mereka juga bekerjasama dengan administrator sekolah dan orang tua untuk menciptakan strategi dan permasalahan guna menyelesaikan masalah siswa. Selain menghadapi masalah pribadi yang mempengaruhi keberhasilan sosial, guru konseling juga berupaya untuk menangani akademik siswa apabila terdapat gangguan. 

3. Membuat Rencana Siswa 

Tugas guru bimbingan konseling di sekolah yang paling krusial untuk masa depan siswa adalah berperan sebagai pengarah mata angin anak-anak. Mereka membantu siswa untuk membuat rencana terkait kesiapan masa depan anak. Mereka mendorong siswa agar lebih giat dan memiliki potensi akademik cemerlang untuk bisa diarahkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Baca Juga :  Belajar Bahasa Inggris dalam Sehari? Tenang, Ada Tipsnya!

Biasanya siswa yang kesulitan menentukan jurusan atau universitas kuliah, bisa meminta arahan kepada guru konseling ini. Kemudian, guru ini juga berperan bagi murid untuk mempelajari proses pendaftaran perguruan tinggi, dan mengajukan bantuan beasiswa keuangan lainnya. 

4. Berempati Pada Kebutuhan dan Masalah Siswa 

Guru konseling biasanya memiliki tingkat empati yang tinggi terhadap masalah yang dihadapi siswanya. Semua masalah, baik secara individu dan sosial, akan diupayakan untuk dicari jalan keluarnya. Guru konseling sangat berempati agar bisa melihat kecenderungan siswa dalam kebutuhan akademis serta pribadi. 

5. Membangun Kepercayaan Kepada Murid 

Sesi konseling akan semakin aktif, apabila guru konseling menetapkan prinsip kepercayaan yang dapat diyakini. Artinya, guru konseling berperan dalam menjalin ikatan kepercayaan atau mendapatkan kepercayaan siswa guna membantu mereka memahami manfaat  dari rekomendasi. Hubungan yang otentik dan dapat dipercaya, merupakan kunci sukses bagi tugas guru konseling. 

6. Pemahaman Karakter Siswa 

Pekerjaan guru konseling akan semakin gampang dan efektif jika dirinya mampu memahami karakter disamping permasalahan siswanya. Artinya guru mampu mengantisipasi apa yang mungkin dialami siswa pada berbagai periode waktu dan merancang strategi untuk membantu mereka keluar dari masalah yang sama. 

7. Berkolaborasi dengan Pihak Anak 

Sama seperti tenaga pendidik, maka tugas guru bimbingan konseling di sekolah yakni dapat membangun kolaborasi dan kerjasama termasuk dengan pelatih olahraga, pimpinan ekskul, orang tua dan guru lainnya. Hal ini penting dilakukan agar guru konseling bisa membantu masalah anak di sekolah. 

Kesimpulan

Itulah tugas guru bimbingan konseling di sekolah, yang mana seorang guru akan terhubung secara efektif dengan siswa, membangun hubungan yang positif, membina ikatan yang dibangun atas kepercayaan dan empati. Serta mendorong siswa untuk menggunakan keterampilan dengan cara lebih baik.

Baca Juga :  Urutan Rantai Makanan Ekosistem Laut Lengkap dengan Golongan Organismenya

About Post Author

admin

Selamat datang di SMP NEGERI 2 ANJATAN JAWA BARAT. Sekolah yang memiliki akreditasi A dan mempunyai misi untuk memberikan pendidikan yang cerdas untuk penerus siswa siswi berprestasi seperti yang diharapkan oleh bangsa indonesia. Dengan blog ini, kami senang bisa memberikan informasi tentang pendidikan dan ekstrakurikuler paling lengkap. Jadi, jangan lewatkan update informasi dari kami ya. Terima kasih.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Pahlawan-Nasional Previous post Pahlawan Nasional: Siapa Mereka dan Kenapa Penting untuk Dikenal?
cara-menghitung-penjumlahan-menggunakan-garis-bilangan Next post Mudah! Ini Cara Menghitung Penjumlahan Menggunakan Garis Bilangan!