Fungsi-Batang-Pada-Tumbuhan

Mengenal 6 Fungsi Batang Pada Tumbuhan Lengkap dengan Peran Pentingnya!

Read Time:2 Minute, 43 Second

smpn2anjatan.sch.id – Pelajari apa saja fungsi batang pada tumbuhan selain sebagai pendukung struktural agar bisa menopang tubuh di permukaan tanah.

Hampir semua tumbuhan mempunyai batang yang berdiri kokoh sebagai tumpuan. Nah, fungsi batang pada tumbuhan ternyata bukan hanya itu saja. Pasalnya bagian tersebut adalah organ yang biasanya paling menonjol dan mudah terlihat.

Mengingat batang yang kerap menjulang tinggi dibandingkan bagian organ lainnya. Membuatnya mudah dikenal dan diidentifikasi tentunya. Ingin tahu fungsi lainnya, berikut uraiannya.

  1. Transportasi Air dan Mineral

Keberadaannya berperan sebagai salah satu penyalur yang membawa mineral, air hingga nutrisi. Prosesnya tentu tidak langsung,perlahan dimulai dari akar lalu dilanjutkan sampai ke daun. Didukung dengan adanya dua jaringan yang disebut xylem dan floem.

Pada jaringan yang pertama, tugasnya adalah membawa air beserta mineral dari akar. Apalagi saat berlangsungnya fotosintesis terjadi. Nah, untuk jaringan yang kedua sendiri, erperan dalam membawa hasil fotosintesis.

  1. Penyimpanan Nutrisi

Selanjutnya fungsi batang pada tumbuhan, yaitu sebagai penyimpan nutrisi. Contohnya makanan serta minuman. Apalagi tanamann yang hidup di daerah kering dan gersang. 

Batang mampu menampung karbohidrat seperti nutrisi, pati dan lainnya. Kasus tanaman yang hidup di daerah menantang ada kaktus. Dengan mempunyai batang yang tebal, tentu membuat bisa bertahan hidup meski di daerah gersang.

  1. Bantu Tumbuh Kembang 

Tumbuh dan kembang dari tanaman sangat bergantung pada batang. Lewat adanya aktivitas meristem, merupakan bagian dari jaringan yang aktif daam melakukan pembelahan. Letaknya ada diujung batang yang bertugas dalam pertumbuhan primer.

Bukan hanya itu saja, hampir semua tumbuhan juga memiliki meristem literal. Membantu terjadinya pertumbuhan sekunder yang sering terjadi pada pepohonan besar. Biasanya tumbuh dan kembang struktur batangnya semakin besar tiap waktunya.

Baca Juga :  Proses Rekayasa Genetika, Apa Itu?

Contohnya saat kamu menanam pohon jati atau beringin saat masih dalam bentuk bibit. Terlihat bahwa ukuran dari batangnya masih sangat kecil dan tipis. Namun, seiring berjalannya waktu, maka diameternya akan semakin besar dan tebal.

  1. Lakukan Produksi dan Reproduksi

Fungsi lainnya yang tidak boleh terlewatkan, yaitu bertugas melakukan produksi dan memberi dukungan reproduksi. Hal ini tentu karena bunga dan buah masuk ke dalam bagian organ yang penting. Dengan batang yang kuat, maka akan sangat siap untuk melakukan penyerbukan.

Baik diakibatkan oleh angina atau pun bantuan serangga. Ketika proses penyerbukan terjadi, maka pembuahan, hingga pemberian nurisi yang lengkap pun akan didukungnya. Dengan begitu, proses kematangan buah bisa dioptimalkan.

Tumbuhan lainnya bahkan memanfaatkannya untuk reproduksi vegetatif. Kegiatan yang mampu menghasilkan tunas atau tanaman baru. Contohnya bisa kita lihat pada tumbuhan merambat, seperti strawberry.

  1. Permudah Adaptasi Lingkungan

Setiap tumbuhan tentu punya ciri khas dan keunikannya tersendiri. Begitu juga dengan batang yang berfungsi memudahkan adaptasi lingkungan. Apalagi jika daerah tersebut mempunyai tanah dan cuaca yang ekstrem.

Pasti ada cara adaptasi yang dilakukan agar tumbuhan bisa hidup dan bertahan di sana. Seperti kasus yang terjadi pada anggrek, akarnya dapat menyerap kelembaban dan nutrisi melalui batang lewat udara. Contoh selanjutnya juga bisa dilihat dari kaktus yang diselimuti duri, membuatnya aman dari serangan herbivora.

  1. Beri Dukungan Struktural

Terakhir, berfungsi sebagai pengukuh atau pendukung struktural agar tumbuhan bisa berdiri. Membantu menjaga keseimbangannya agar tetap berada di permukaan tanah tanpa tumbang. Kekuatan yang diperoleh dari jaringan lignin dan selulosa yang membuatnya keras dan kaku.

Kesimpulan

Itulah 6 fungsi batang pada tumbuhan yang bisa dipelajari dan dipahami. Berdasarkan peranan yang telah dijelaskan, banyak sekali bukan peranannya. Selain sebagai tempat daun dan ranting berada, batang juga bekerja untuk menyalurkan makanan dan nutrisi.

Baca Juga :  Urutan Rantai Makanan Ekosistem Laut Lengkap dengan Golongan Organismenya

About Post Author

admin

Selamat datang di SMP NEGERI 2 ANJATAN JAWA BARAT. Sekolah yang memiliki akreditasi A dan mempunyai misi untuk memberikan pendidikan yang cerdas untuk penerus siswa siswi berprestasi seperti yang diharapkan oleh bangsa indonesia. Dengan blog ini, kami senang bisa memberikan informasi tentang pendidikan dan ekstrakurikuler paling lengkap. Jadi, jangan lewatkan update informasi dari kami ya. Terima kasih.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Mengapa-UKS-Sangat-Diperlukan-di-Tiap-Jenjang-Sekolah Previous post Mengapa UKS Sangat Diperlukan di Tiap Jenjang Sekolah?
Filosofi-Pancasila-Sila-ke-1-5 Next post Filosofi Pancasila Sila ke 1-5 dalam Konteks Ideologi