0 0 lang="id"> Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari - SMP NEGERI 2 ANJATAN JAWA BARAT
Site icon SMP NEGERI 2 ANJATAN JAWA BARAT

Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh-Perubahan-Kimia
Read Time:2 Minute, 50 Second

smpn2anjatan.sch.id – Kamu pasti selalu melakukan aktivitas tapi tak pernah sadar kalau itu merupakan contoh perubahan kimia. Untuk itu, ayo kita pahami tentang reaksi kimia apa yang ada disekitar. 

Pemutusan antar molekul dan atom dikatakan sebagai perubahan kimia yang kerap terjadi di segala lini aktivitas. Maksud dari contoh perubahan kimia yakni adanya perubahan molekul yang terjadi sehingga menciptakan sifat molekul yang berbeda dari sebelumnya. Perubahan ini terkadang sulit untuk dilihat secara langsung, dan terkadang bisa berlangsung dalam hitungan detik sampai puluhan tahun. 

Pembakaran Benda

Adanya reaksi kimia dengan gas oksigen ketika bersentuhan atau terjadi dalam proses pembakaran menjadikan molekul berubah berupa cahaya dan panas. Mungkin kamu tidak akan bisa melihat langsung perubahan yang terjadi, karena yang berubah struktur molekulnya saja. Misalnya ketika kamu membakar lilin, maka terus menerus akan terjadi lelehan dan adanya asap serta cahaya merupakan perubahan yang dapat dilihat. Ini bisa disebut dengan reaksi CH4 ketika proses pembakaran berlangsung. 

Perubahan kimia yang tanpa sadar dilakukan misalnya membakar bensin di mesin motor atau mobil, dan pembakaran memerlukan pemicu untuk penyalaan seperti percikan listrik untuk memulai reaksinya. 

Elektrolisis Air 

Contoh perubahan kimia yang terjadi pada proses elektrolisis air karena adanya pemutusan ikatan kovalen dengan menggunakan energi listrik. Reaksi ini disebut dekomposisi. Ion hidrogen yang bermuatan positif tertarik ke anoda sedangkan ion negatif tertarik ke katoda. Proses ini membagi dua unsur air menjadi bentuk gasnya. 

Pembusukan Organik 

Bangkai yang busuk mengandung bahan organik kimia kompleks layaknya protein, yang terurai menjadi ammonia, air, karbon dioksida, hidrogen sulfida, metana dan mineral. Oleh sebab itu persamaan umum reaksi dapat ditulis AB, singkatnya dekomposisi adalah penguraian yang lebih ringan dari unsur senyawa aslinya. 

Berkendara 

Contoh perubahan kimia adalah apa yang dilakukan orang tuamu ketika mengendarai mobil. Hal ini menimbulkan reaksi kimia dalam mesin mobil ketika dinyalakan dan mampu berjalan. Reaksi kimia ini berproses saat bahan bakar dipanaskan dengan cara mereduksinya menjadi Co2, karbon monoksida, jelaga dan uap air. Artinya zat kimia dalam bensin akan berubah menjadi sesuatu energi untuk menghidupkan mesin mobil. 

Karat 

Karat merupakan oksida besi yang terbentuk ketika permukaan besi selalu terpapar udara. Di sini besi dan udara atau uap air berperan sebagai reaktan apabila jika bersentuhan akan bereaksi dan mengarah pada pembentukan produk baru yaitu karat atau oksida. 

Karat dimaksud dengan perubahan kimia ireversibel sebab yang membentuk produk baru dimana reaktan menjadi kehilangan sifat-sifatnya. Walaupun karat bisa dihilangkan dengan mengikuti beberapa prosedur kimiawi, tetapi sebenarnya cukup sulit untuk menghilangkan korosi dan memulihkan keadaannya semula. 

Keasaman Susu 

Dadih merupakan makanan yang melalui proses kimiawi yang berubah, dimana sebelumnya berupa susu yang difermentasikan. Perubahan ini tidak bisa dibalik menjadi susu semula, karena telah mengalami perubahan komponen molekul dalam susu. 

Pembuatan Limun 

Kegiatan ini mungkin terlihat perubahan fisika ketika kamu memotong buah lemon dan meremasnya dan dicampur air untuk membuat sajian limun, tetapi  akan ada perubahan kimia dalam perut ketika kamu mengkonsumsi minuman itu. 

Memanggang 

Perubahan kimia ini terjadi setelah kamu mencampurkan semua bahan untuk membuat cake dan memanggangnya dalam oven, maka prosesnya tak bisa dibatalkan. Semua zat dalam bahan akan membentuk satu kesatuan yang kompleks. 

Kesimpulan

Itulah contoh perubahan kimia yang bisa dicoba dan dialami dalam kehidupan. Sifat kimia dan reaksi atau perubahannya memang cukup luas. Namun hal mendasar tentang perubahan ini adalah bersifat permanen dan tak dapat diubah. Oleh karena itu akan memunculkan produk baru dimana reaktan akan kehilangan sifatnya.

About Post Author

admin

Selamat datang di SMP NEGERI 2 ANJATAN JAWA BARAT. Sekolah yang memiliki akreditasi A dan mempunyai misi untuk memberikan pendidikan yang cerdas untuk penerus siswa siswi berprestasi seperti yang diharapkan oleh bangsa indonesia. Dengan blog ini, kami senang bisa memberikan informasi tentang pendidikan dan ekstrakurikuler paling lengkap. Jadi, jangan lewatkan update informasi dari kami ya. Terima kasih.
Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Exit mobile version